Panduan Pelayanan Resiko Tinggi di Rumah Sakit

BAB 1

DEFINISI

 

  • PENGERTIAN

Pelayanan yang memerlukan peralatan yang kompleks untuk pengobatan penyakit yang mengancam jiwa, risiko bahaya pengobatan, potensi yang membahayakan pasien atau efek toksik dari obat beresiko tinggi.

  • TUJUAN

Pelayanan pada pasien beresiko tinggi berorientasi untuk dapat secara optimal memberikan pelayanan dan perawatan pasien dengan menggunakan sumber daya, obat-obatan dan peralatan sesuai standard an pedoman yang berlaku. Panduan ini disusun dalam rangka penyelenggaraaan pelayanan pasien berisiko tinggi yang berkualitas dan mengedepankan mutu dan keselamatan pasien di rumah sakit.

 BAB III

RUANG LINGKUP PELAYANAN

 

Kelompok pasien yang berisiko atau pelayanan yang berisiko tinggi antara lain

  1. Penanganan kasus emergensi;
  2. Penanganan Resusitasi;
  3. Pasien dengan life support atau dalam kondisi koma;
  4. Restraint
  5. Pasien lansia, cacat atau yang berisiko untuk diperlakukan tidak senonoh.

 

BAB III

TATA LAKSANA

 

Tata laksana perlindungan terhadap pasien usia lanjut dan gangguan kesadaran:

  1. Pasien Rawat Jalan
  2. Pendampingan oleh petugas penerimaan pasien dan mengantarkan sampai tempat periksa yang dituju dengan memakai alat bantu bila diperlukan.
  3. Perawat poli umum, spesialis dan gigi wajib mendampingi pasien untuk dilakukan pemeriksaan sampai selesai.
  4. Pasien Rawat Inap
  5. Penempatan pasien di kamar rawat inap sedekat mungkin dengan kamar perawat.
  6. Perawat memastikan dan memasang pengaman tempat tidur.
  7. Perawat memastikan bel pasien mudah dijangkau oleh pasien dan dapat digunakan
  8. Meminta keluarga untuk menjaga pasien baik oleh keluarga atau pihak yang ditunjuk dan dipercaya.
  9. Tata Laksana perlindungan terhadap penderita cacat:
  10. Petugas penerima pasien melakukan proses penerimaan pasien penderita cacat baik rawat jalan maupun rawat inap dan wajib membantu serta menolong sesuai dengan kecacatan yang disandang sampai proses selesai dilakukan.
  11. Bila diperlukan, perawat meminta pihak keluarga untuk menjaga pasien atau pihak lain yang ditunjuk sesuai dengan kecacatan yang disandang.
  12. Memastikan bel pasien mudah dijangkau oleh pasien dan memastikan pasien dapat menggunakan bel tersebut.
  13. Perawat memasangdan memastikan pengaman tempat tidup pasien.
  14. Tata laksana perlindungan terhadap anak-anak
  15. Ruang perinatologi harus dijaga minimal satu orang perawat atau bidan, ruangan tidak boleh ditinggalkan tanpa ada perawat atau bidan yang menjaga.
  16. Perawat meminta surat pernyataan secara tertulis kepada orang tua apabila akan dilakukan tindakan yang memerlukan pemaksaan.
  17. Perawat memasang pengamanan tempat tidur pasien.
  18. Pemasangan CCTV di ruang perinatologi hanya kepada ibu kandung bayi bukan kepada keluarga yang lain.
  19. Tata Laksana perlindungan terhadap pasien yang berisiko disakiti (risiko penyiksaan, napi, korban dan tersangka tindak pidana, korban kekerasan dalam rumah tangga):
  20. Pasien ditempatkan di kamar perawatan sedekat mungkin dengan kantor perawat.
  21. Pengunjung maupun penjaga pasien wajib lapor dan mencatat identitas di kantor perawat, berikut dengan penjaga maupun pengunjung pasien lain yang satu kamar perawatan dengan pasien beresiko.
  22. Perawat berkoordinasi dengan satuan pengamanan untuk memantau lokasi perawatan pasien, penjaga maupun pengunjung pasien.
  23. Koordinasi dengan pihak berwajib bila diperlukan.
  24. Daftar Kelompok Pasien berisiko adalah sebagai berikut:
  25. Pasien dengan cacat fisik dan mental.
  26. Pasien usia lanjut
  27. Pasien bayi dan anak-anak.
  28. Pasien korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)
  29. Pasien narapidana, korban dan tersangka tindak pidana
  30. Pasien dengan penyakit kronis seperti pasien dialisis, pasien khemotherapy, pasien stroke.

BAB IV

DOKUMENTASI

 

  1. Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi
  2. Formulir Observasi Pasien

 

 

PENUTUP

 

Demikian Buku Panduan Pelayanan Pasien Risiko Tinggi ini disusun untuk dapat digunakan sebagai pedoman dan pegangan seluruh karyawan rumah sakit.

Penyusunan Buku Buku Panduan Pelayanan Pasien Risiko Tinggi ini adalah langkah awal suatu proses yang panjang, sehingga memerlukan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak dalam penerapannya untuk mencapai tujuan.

Advertisements

About Healthcare and Hospital Consultant

Tenaga Ahli PT Pandu Indonesia Prima, dokter dan mempunyai pengalaman manajerial rumah sakit.
This entry was posted in Perumahsakitan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.